Hidung Tersumbat & Mendengkur – Penyebab

Hidung Tersumbat & Mendengkur – Penyebab

Obstruksi hidung atau Penyumbatan hidung dapat terjadi pada semua usia. Mereka adalah karena berbagai alasan. Bila ada sumbatan saluran napas bagian atas, mendengkur atau pernapasan bising terjadi.

Jangka panjang pernapasan mulut dan mendengkur telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk. Jika parah, anak mungkin memiliki obstruktif sleep apnea. Anak berhenti bernapas atau menahan napas berkali-kali sepanjang malam. Anak bangun lesu,atau tidak bisa fokus pada kegiatan sekolah. Kinerja akademis mereka sering terpengaruh. Pernapasan mulut dapat menyebabkan gigi mulut bagian atas berkerumun memerlukan koreksi gigi nanti.

Bayi yang baru lahir bernapas hidung wajib yang jika ada penyumbatan hidung, mereka akan memiliki masalah signifikan dengan pernapasan. Penyebab obstruksi hidung (hidung tersumbat) pada usia ini adalah choanal atresia (di mana ada bagian hidung tidak paten) dan pembesaran dari struktur normal di hidung seperti turbinat. Produksi lendir yang berlebihan juga dapat berkontribusi untuk menyumbat hidung.

Pada anak yang lebih dewasa, hidung tersumbat dapat disebabkan oleh penyempitan saluran hidung oleh

  • PembesaranTurbinate : ini dapat disebabkan oleh alergi, infeksi sinus (sinusitis) atau flu. Jika obstruksi adalah persisten meskipun obat, pengurangan turbinate menggunakan Koblasi atau frekuensi radio adalah prosedur sederhana yang efektif dapat memperbesar rongga hidung.
  • Deviasi septum hidung: septum hidung adalah membagi pusat internal hidung. Trauma dari melahirkan atau ketukan di hidung bisa menyebabkan melengkung ke satu sisi dan mempersempit rongga hidung menyebabkan hidung tersumbat (obstruksi hidung).
  • Hipertrofi adenoid: para adenoid dapat tumbuh sampai ukuran besar dan memblokir bagian belakang rongga hidung. Anak sering mengalami pernapasan mulut , nafas berisik atau mendengkur saat tidur. Pengangkatan  adenoide adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyumbatan jika tidak ada faktor pembalikan lainnya.
  • Pembesaran tonsil: Hal ini sering berhubungan dengan pembesaran adenoid. Selain Amandel dapat menyebabkan masalah pernapasan, juga dapat menyebabkan anak menjadi pemakan lambat atau kurang nafsu makan. Mendengkur bisa menonjol. Jika pembesaran tonsilar persisten, maka penghapusan tonsil akan menghilangkan masalah.

Pengobatan obstruksi hidung pada anak-anak memerlukan diagnosis yang akurat. Dokter THT akan dapat mengkoordinir pengobatan alergi, infeksi saluran napas bagian atas seperti sinusitis serta kesepakatan dengan obstruksi struktural pada saluran udara.

Hubungi klinik kami untuk penilaian jika anak Anda memiliki

  • Hidung sering Tersumbat
  • Hidung meler
  • Sering Pilek
  • Pernapasan Mulut
  • Mendengkur atau bernapas berisik
  • Sering Sakit Tenggorokan
  • Sering atau  Batuk persisten